Suami

Keutamaan Membaca Surah Yasin

Keutamaan Membaca Surah Yasin - Sesungguhnya membaca surat yasin sangat berguna untuk kebaikan dunia akhirat. Jagalah dan bacalah SURAT YASIN di kala anda sedang sedih maupun senang, karna surat yasin penyejuk hati banyak khasiat dan keutamaan mambaca surat yasin.

Surah Yasin
Keutamaan Membaca Surah Yasin
Sesungguhnya setiap sesuatu ada hatinya, dan sesungguhnya hati al Quraan adalah (Yaasin), barang siapa yang membacanya; seolah-olah dia telah membaca al Qur`aan sepuluh kali.” Hadits ini dikeluarkan oleh at Tirmidziy (4/46).

Keutamaan Surat Yasin, Khasiat Surat Yasin
Ad Daarimiy (2/456) dari jalan Humeid bin `Abdirrahman dari al Hasan bin Shoolih dari Haarun Abi Muhammad dari Muqaatil bin Hibbaan dari Qataadah dari Anas marfuu`an. Berkata at Tirmidziy: “Hadist ini hasan gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari jalan ini, sedang Haarun abu Muhammad majhuul (tidak dikenal), pada bab ini juga dari Abu Bakr as Shiddiiq, tidak shohih, sebab sanadnya lemah, dan pada bab ini juga dari Abi Hurairah radhiallahu `anhu.”

Jadi hadits tersebut memanglah hadits dha’if atau lemah, tetapi tidak sampai maudhu’ atau palsu. Bahkan At-Tarmidzi mengatakan bahwa hadits itu hasan gharib. Dalam hal fadhilah atau keutamaan suatu amal, hadits dha’if masih dapat dipakai. Karena hadits dha’if itu masih dianggap hadits atau perkataan Rasulullah SAW, hanya saja jalur periwayatannya kurang kuat. Hadits dha’if ini masih diambil sebagai hadits.

Barangsiapa menyebut hadits dha’if sebagai hadits palsu, berarti ia telah mendustakan Rasul. Hadits dha’if adalah perkataan Rasul, barangsiapa mendustakannya, berarti mendustakan perkataan Rasul. Barang siapa mendustakan perkataan Rasul, maka bersiaplah atas tempatnya di neraka. Baca Juga : Wanita Muslimah Senantiasa Bertawadhu

Dari Jundub radhiallahu `anhu berkata: berkata Rasulullahi Shollallahu `alaihi wa Sallam: “Barang siapa yang membaca “Yaasin” pada malam hari mencari Wajah Allah, Allah Tabaaraka wa Ta`aala mengampuni dosanya.”

Berkata asy Syaikh al Albaaniy: Hadist ini diriwayatkan oleh Maalik dan Ibnu as Sunniy dan Ibnu Hibban dalam “Shohih”-nya (6/312 no.2574), at Thobaraaniy di “al Mu`jamus Shoghiir” (1/149) dan “al Ausath” (4/21 no.3509). “Hati al Qur`aan adalah “Yaasin”, tidaklah membacanya seorang lelaki yang menginginkan Allah dan kehidupan akhirat; kecuali Allah Ta`aala akan memberikan ampunan baginya, bacakanlah “Yaasin” itu atas orang yang meninggal diantara kalian.”

Asy Syaikh al Albaaniy telah berkata: “Hadist ini dho`if (lemah), diriwayatkan oleh: Ahmad, Abu Daawud, an Nasaaiiy dan lafadz ini bagi an Nasaaiiy, dan Ibnu Maajah, dan al Haakim dan dishohihkan olehnya.”

Baca Juga : Makna Dua Kalimat Syahadat

Bahkan seorang salafy gigih seperti Al-Albani pun menyebut hadits ini lemah. Lalu mengapa para pengikutnya begitu keras berkata bahwa hadits-hadits ini adalah palsu? Bahkan Al-Hakim mengatakan bahwa hadits tersebut adalah shahih. Wallahu a’lam.

0
ARTIKEL TERKAIT

Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

Bloglovin Visit Ping.sg Religion Blogs www.v8link.com linkcsere Text Backlink Exchange linkcsere linkcsere linkcsere linkcsere linkcsere linkcsere linkcsere Hot Backlink Top Backlink 512 Web Link Exchange bbacklink Free backlink Free Automatic Link Free backlink Free Baclink service Auto Backlink Gratis freebanner4u japanese backlink share link news Linkon Bedava Kostenlose All News Site Auto Backlink AUTO BACKLINK. Auto Backlink backlinkgratis4u Auto-Backlink powered by Stundenbanner-Service Power Backlink powered Free backlink SERBA SERBI freebacklinks4u Free SEO Tools Free SEO Tools surgaweb TV INDONESIA WARGA BISNIS FECEBLOG 4UI ANEKA VIDEO babul fatah seribukatamutiara SERIBU KAWAN satriopiningit bedava Kostenlose Backlinks bei TopReferer MeteoCap Free backlink Free Backlink! Free Backlink! Free Automatic Backlink Maz Free Backlink
russia xxi backlink matic Banner Система автоматических взаимных ссылок Free backlink backlink matic iniinfo4u Elite backlinks medik medik Free Backlink! Linkon Bedava